Bukan cerita baru, guru bahasa Indonesia sering kurang optimal dalam pembelajaran sastra. Padahal jika dieksplorasi, melalui pembelajaran tersebut guru dapat menanamkan nilai karakter kepada siswa karena sastra memiliki kekayaan kandungan nilai edukatif yang sangat banyak. Masalahnya, tidak sedikit guru yang kemampuan “bersastra”-nya kurang memadai. Akhirnya, pembelajaran sastra terasa “kering”, teoritis, dan kurang “membumi”.

Salah satu KD sastra yang cukup rekreatif dan mampu merangsang kreativitas siswa SMP adalah musikalisasi puisi. Pembelajaran musikalisasi puisi sebenarnya sangat menyenangkan bagi siswa, bahkan siswa yang alergi terhadap puisi sekalipun. Melalui pembelajaran ini, secara tidak terasa siswa telah berkreasi mencipta puisi dan mengaransemen musik, meskipun cenderung mencontoh karya yang telah ada. Juga belajar berbagi ide, saling menghargai, berorganisasi, dan banyak lagi nilai kehidupan yang lain, yang barangkali untuk membelajarkan secara parsial membutuhkan waktu yang lama.

Kecenderungan mencontoh karya orang lain pada awal pengenalan musikalisasi puisi, adalah hal yang wajar terjadi. Guru sebaiknya jangan buru-buru menghakimi tindakan itu. Justru hal itu menjadi jembatan yang sangat bermanfaat dalam memunculkan kreativitas dan imajinasi siswa. Guru dapat mengajak siswa untuk menemukan kelebihan dan kekurangan karya yang dicontoh, tentu saja dibutuhkan kompetensi guru yang memadai dalam bidang sastra dan pengetahuan musik. Kelebihan karya yang dicontoh memberikan tambahan pengetahuan sedangkan kekurangannya akan memunculkan motivasi bagi siswa untuk berkreasi.

Kekurangtepatan pemahaman siswa tentang musikalisasi puisi juga hal yang biasa muncul dalam pembelajaran. Sebagian siswa masih memahami musikalisasi puisi sebagai pembacaan puisi di sela-sela lagu atau pembacaan puisi yang diiringi lagu. Untuk menghindari hal itu, guru harus menghadirkan contoh-contoh rekaman musikalisasi puisi pada pembelajaran, terutama rekaman dalam bentuk video. Bukan hal yang sulit bagi guru untuk mendapatkan contoh rekaman tersebut karena mudah cara mendapatkannya jika memanfaatkan internet.

Sekadar berbagi, kiranya tidak ada jeleknya jika karya siswa dalam pembelajaran musikalisasi puisi berikut dijadikan bahan diskusi di kelas. Selamat mencoba!

download video musikalisasi puisi kelas IX A

download video musikalisasi puisi kelas IX D