Pada umumnya setiap kemajuan yang ingin dicapai manusia di berbagai bidang tidak terlepas dari keadaan masa lampau bidang tersebut. Demikian pula dengan pendidikan. Kemajuan pendidikan salah satunya dipengaruhi oleh keadaan pendidikan sebelumnya atau sejarah pendidikan masa lampau. Pengetahuan sejarah pendidikan diperlukan sebagai pembanding untuk memajukan pendidikan suatu bangsa.

  1. A.    Sejarah Pendidikan Dunia
    1. 1.      Zaman Realisme

Sejarah pendidikan dunia yang memiliki kontribusi bagi perkembangan pendidikan masa kini dimulai sejak zaman Realisme. Pada zaman ini pendidikan diarahkan pada kehidupan dunia dan bersumber dari keadaan di dunia pula. Sebelumnya pendidikan banyak berkiblat pada dunia ide, dunia surga dan akhirat. Realisme menghendaki pikiran yang praktis (Pidarta, 2009: 110).

Gerakan ini didorong oleh berkembangnya ilmu-ilmu pengetahuan alam, seperti penemuan-penemuan baru dalam ilmu falak tentang planet-planet dan bumi mengitari matahari serta penemuan-penemuan daerah baru dalam mengelilingi dunia (Pidarta, 2009:111).

Tokoh-tokoh pendidikan zaman Realisme ini adalah Francis Bacon(abad ke-17) dan Johann Amos Comenius. prinsip-prinsippendidikan yang dikembangkan Bacon pada zaman ini meliputi: pendidikan lebih dihargai daripada pengajaran, pendidikan harus menekankan aktivitas sendiri, penanaman pengertian lebih penting daripada hafalan, pelajaran disesuaikan dengan perkembangan anak, pelajaran harus diberikan satu per satu, dari yang paling mudah, pengetahuan diperoleh dari metode berpikir induktif (mulai dari menemukan fakta-fakta khusus kemudian dianalisis sehingga menimbulkan simpulan) dan anak-anak harus belajar dari realita alam, pendidikan bersifat demokratis dan semua anak harus mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar.

Pandangan aliran realisme tentang pendidikan adalah sebagai berikut.

  1. Anak-anak harus belajar dari alam.
  2. Belajar dengan metode induktif.
  3. Mementingkan aktivitas anak.
  4. Mengutamakan pengertian.
  5. Ekspresi kata untuk menyatakan pengertian menjadi penting.
  6. Belajar melalui bahasa ibu.
  7. Belajar dibantu oleh gambar-gambar.
  8. Pelajaran disesuaikan dengan perkembangan anak.
  9. Pendidikan bersifat demokratis, yaitu untuk semua anak (Pidarta, 2009:113-114).
  1. 2.      Zaman Rasionalisme

Aliran ini memberikan kekuasaan pada manusia untuk berpikir sendiri dan bertindak untuk dirinya, karena itu latihan sangat diperlukan pengetahuannya sendiri dan bertindak untuk dirinya. Akal merupakan sumber pengetahuan, atau pengetahuan adalah sebagai hasil pengolahan akal. Paham ini muncul karena masyarakat dengan kekuatan akalnya dapat menumbangkan kekuasaan Raja Perancis yang memiliki kekuasaan absolut. Aliran ini disebut pula sebagai aliran disiplinarianisme.

Tokoh pendidikan pada zaman ini adalah John Locke (abad ke-18). Teorinya yang terkenal adalah Leon Tabularasaatau a blank sheet of paper, yaitu mendidik seperti menulis di atas kertas putih dan dengan kebebasan dan kekuatan akal yang dimilikinya manusia digunakan unutk membentuk pengetahuannya sendiri. Proses belajar menurut John Locke ada tiga langkah, yaitu: mengamati hal-hal yang ada di luar diri manusia, mengingat apa yang telah diamati dan dihafalkan, dan berpikiringat apa yang telah diamati dan dihafalkan, dan berpikir (mengolah bahan-bahan yang telah diperoleh) lalu ditimbang-timbang untuk diri sendiri.

Teori yang membebaskan jiwa manusia ini memiliki kelemahan, yaitu dapat mengarah kepada hal-hal yang negatif, seperti intelektualisme, individualisme, dan materialisme (Pidarta, 2009:114).

  1. 3.      Zaman Naturalisme

Aliran naturalismeyang muncul pada abad ke-18 ini sebagai penentang rasionalisme yang memandang anak-anak sebagai orang dewasa yang kecil. Rasionalisme menyebabkan kehidupan menjadi tidak wajar, seperti gaya hidup yang diperhalus, cara hidup yang dibuat-buat sampai dengan korupsi. Naturalisme menginginkan keseimbangan antara kekuatan rasio dengan hati.

Tokoh aliran ini adalah J. J. Rousseu, yang berpandangan bahwa segala sesuatu adalah baik ketika ia baru keluar dari alam dan segala sesuatu menjadi jelek manakala ia sudah berada di tangan manusia. Rousseu ingin kembali ke alam yang wajar, pendidikan alam, alamlah yang menjadi guru.

Menurut Rousseu ada tiga azas mengajar, yaitu: azas pertumbuhan (pendidikan memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk tumbuh secara wajar), azas aktivitas (keaktifan akan memberi pengalaman yang kemudian akan menjadi pengetahuan), dan azas individualitas (anak berkembang menurut alamnya sendiri).

  1. 4.      Zaman Developmentalisme

Aliran developmentalisme berkembang pada abad ke-19. Aliran ini memandang bahwa pendidikan sebagai proses perkembang jiwa yang berlangsung dalam setiap individu sebagai hasil dari aktivitas dan reaksinya terhadap lingkungan (Pidarta, 2009:116).

Tokoh aliran ini adalah Pestalozzi, Johann Fredrich Herbart,Friedrich Wilhelm Frobel di Jerman dan Stanley Hall di Amerika. Konsep mereka tentang pendidikan adalah sebagai berikut.

  1. Mengaktualisasikan potensi anak yang masih laten, membentuk watak susila dan kepribadian harmonis, serta meningkatkan derajat sosial manusia.
  2. Cara-cara untuk mewujudkan tujuan di atas adalah: (1) dengan perkembangan yang dikontrol; (2) dengan membentuk tanggapan-tanggapan yang jelas sehingga membentuk asosiasi pada jiwa; (3) dengan mengembangkan insting, menempa anak sebelum kaku, dan (4) melalui impresi indra dan emosional menjadi ekspresi pengetahuan dan moral.
  3. Perkembangan itu dilakukan sejalan dengan tingkat-tingkat perkembangan anak.
  1. 5.      Zaman Nasionalisme

Zaman nasionalisme muncul pada abad ke-19 sebagai upaya membentuk patriot-patriot bangsa dan mempertahankan bangsa dari kaum imperialis. Tokoh-tokohnya adalah La Chatolais (Perancis), Fichte (Jerman), dan Jefferson (Amerika Serikat).

Konsep pendidikan yang ingin diusung oleh aliran ini adalah: (a) menjaga, memperkuat, dan mempertinggi kedudukan negara; (b) mengutamakan pendidikan sekuler, jasmani, dan kejuruan; dan (c) materi pelajarannya meliputi: bahasa dan kesusastraan nasional, pendidikan kewarganegaraan, lagu-lagu kebangsaan, sejarah dan geografi negara, dan pendidikan jasmani.

Akibat negatif dari pendidikan ini adalah munculnya chaufinisme, yaitu kegilaan atau kecintaan terhadap tanah air yang berlebih-lebihan di beberapa Negara, seperti di Jerman, yang akhirnya menimbulkan pecahnya Perang Dunia I (Pidarta, 2009: 120-121).

  1. Zaman Liberalisme, Positivisme, dan Individualisme

Zaman ini lahir pada abad ke-19. Liberalisme berpendapat bahwa pendidikan adalah alat untuk memperkuat kedudukan penguasa/pemerintahan yang dipelopori dalam bidang ekonomi oleh Adam Smith.Siapayang banyak berpengetahuan dialah yang berkuasa yang kemudian mengarah pada individualisme. Sedangkan positivisme percaya bahwa kebenaran dapat diamati oleh panca indera sehingga kepercayaan terhadap agama semakin melemah. Tokoh aliran positivisme adalah August Comte (Pidarta, 2009: 121).

  1. 7.      Zaman Sosialisme

Aliran sosial dalam pendidikan muncul pada abad ke-20 sebagai reaksi terhadap dampak liberalisme, positivisme, dan individualisme. Tokoh-tokohnya adalah Paul Nartrop, George Kerchensteiner, dan John Dewey.Menurut aliran ini, masyarakat memiliki arti yang lebih penting daripada individu. Ibarat atom, individu tidak ada artinya bila tidak berwujud benda. Oleh karena itu, pendidikan harus diabdikan untuk tujuan-tujuan sosial (Pidarta, 2009: 121-124).

Pandangan para tokoh aliran sosialisme ini dapat disarikan sebagai berikut.

  1. Masyarakat lebih penting dari individu.
  2. Kebenaran pragmatis merupakan sesuatu yang dicari dan dipelajari, yaitu sesuatu yang dapat meningkatkan kehidupan manusia pada umumnya.
  3. Perlunya pendirian sekolah kerja beserta perlengkapan-perlengkapan kerja.
  4. Penggunaan metode belajar yang mengaktifkan siswa.
  5. Anak-anak belajar sambil bergaul dan bekerja.
  6. Tujuan pendidikan adalah membentuk watak susila, paham akan teori-teori, dan dapat bekerja di masyarakat (Pidarta, 2009:123).

Selain ketiga tokoh di atas, ahli pendidik lain yang terkenal pada abad ke-20 adalah Maria Montessori, Ovide Decroly, dan Hellen Parkhurst. Pandangan mereka tentang pendidikan adalah:

  1. pendidikan bersifat individual mengikuti masa peka masing-masing anak dengan berbagai alat peraga,
  2. metode global dalam membaca dan menulis,
  3. pelajaran bersumber dari pusat-pusat minat di sekitar kehidupan manusia,
  4. pelajaran berbentuk tugas-tugas (sebagai cikal bakal pelajaran modul).
  1. B.     Sejarah Pendidikan Indonesia

Pendidikan di Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang. Pendidikan itu telah ada sejak zaman kuno/tradisional yang dimulai dengan zaman pengaruh agama Hindu dan Budha, zaman pengaruh Islam, zaman penjajahan, dan zaman merdeka (Pidarta, 2009: 125). Mudyahardjo (2008) dan Nasution (2008) menguraikan masing-masing zaman tersebut secara lebih terperinci.Berikut ini adalah uraian dan rincian perjalanan sejarah pendidikan Indonesia.

  1. 1.      Zaman Pengaruh Hindu dan Budha

Hinduisme and Budhisme datang ke Indonesia sekitar abad ke-5. Hinduisme dan Budhisme merupakan dua agama yang berbeda, tetapi di Indonesia keduanya memiliki kecenderungan sinkretisme, yaitu keyakinan mempersatukan figur Syiwa dengan Budha sebagai satu sumber Yang Mahatinggi. Motto pada lambang Negara Indonesia yaitu Bhinneka Tunggal Ika, secara etimologis berasal dari keyakinan tersebut (Mudyahardja, 2008: 215).Tujuan pendidikan pada zaman ini sama dengan tujuan kedua agama tersebut. Pendidikan dilaksanakan dalam rangka penyebaran dan pembinaan kehidupan bergama Hindu dan Budha.

  1. 2.      Zaman Pengaruh Islam (Tradisional)

Islam mulai masuk ke Indonesia pada akhir abad ke-13 dan mencakup sebagian besar Nusantara pada abad ke-16. Perkembangan pendidikan Islam di Indonesia sejalan dengan perkembangan penyebaran Islam di nusantara, baik sebagai agama maupun sebagai arus kebudayaan (ibid.: 221). Pendidikan Islam pada zaman ini disebut pendidikan Islam tradisional.

Tujuan pendidikan Islam adalah sama dengan tujuan hidup Islam, yaitu mengabdi sepenuhnya kepada Allah SWT sesuai dengan ajaran yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Pendidikan Islam tradisional ini tidak diselenggarakan secara terpusat, tetapi banyak diupayakan secara perorangan melalui para ulamanya di suatu wilayah tertentu dan terkoordinasi oleh para wali di Jawa, terutama wali sanga. Sedangkan di luar Jawa, pendidikan Islam yang dilakukan oleh perseorangan yang menonjol adalah di daerah Minangkabau.

  1. 3.      Zaman Pengaruh Nasrani (Katholik dan Kristen)

Bangsa Portugis pada abad ke-16 bercita-cita menguasai perdagangan dan perniagaan Timur-Barat dengan cara menemukan jalan laut menuju dunia timur serta menguasai bandar-bandar dan daerah-daerah strategis yang menjadi mata rantai perdagaan dan perniagaan (Mudyahardjo, 2008: 242).

Di samping mencari kejayaan (glorious) dan kekayaan (gold), bangsa Portugis datang ke timur (termasuk Indonesia) bermaksud pula menyebarkan agama yang mereka anut, yakni Katholik (gospel). Pada akhirnya pedagang Portugis menetap di bagian timur Indonesia tempat rempah-rempah itu dihasilkan. Namun kekuasaan Portugis melemah akibat peperangan dengan raja-raja di Indonesia dan akhirnya dilenyapkan oleh Belanda pada tahun 1605 (Nasution, 2008: 4). Dalam setiap operasi perdagangan, mereka menyertakan para paderi.MisionarisPaderi yang terkenal di Maluku, sebagai salah satu pijakan Portugis dalam menjalankan misinya, adalah Franciscus Xaverius dari Orde Jesuit.

Sedangkan pengaruh Kristen berasal dari orang-orang Belanda yang datang pertama kali tahun1596 di bawah pimpinan Cornelis de Houtman dengan tujuan untuk mencari rempah-rempah. Untuk menghindari persaingan di antara mereka, pemerintah Belanda mendirikan suatu kongsi dagang yang disebut VOC (Vreenigds Oost Indische Compagnie) atau Persekutuan Dagang Hindia Belanda tahun 1602 (Mudyahardjo, 2008: 245).

Sikap VOC terhadap pendidikan adalah membiarkan terselenggaranya pendidikan tradisional di nusantara, mendukung diselenggarakannya sekolah-sekolah yang bertujuan menyebarkan agama Kristen. Kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh VOC terutama dipusatkan di bagian timur Indonesia di mana Katholik telah berakar dan di Batavia (Jakarta), pusat administrasi kolonial. Tujuannya untuk melenyapkan agama Katholik dengan menyebarkan agama Kristen Protestan, Calvinisme (Nasution, 2008: 4-5).

  1. 4.      Zaman Kolonial Belanda

VOC pada perkembangannya diperkuat dan dipersenjatai dan dijadikan benteng oleh Belanda yang akhirnya menjadi landasan untuk menguasai daerah di sekitarnya. Lambat laun kantor dagang itu beralih dari pusat komersial menjadi basis politik dan teritorial. Setelah pecah perang kolonial di berbagai daerah di tanah air, akhirnya Indonesia jatuh seluruhnya di bawah pemerintahan Belanda (ibid.: 3).

Pada tahun 1816 VOC ambruk dan pemerintahan dikendalikan oleh para komisaris jenderal dari Inggris. Mereka harus memulai sistem pendidikan dari dasar kembali, karena pendidikan pada zaman VOC berakhir dengan kegagalan yang total. Ide-ide liberal aliran Ufklarung atau Enlightement, yang mengatakan bahwa pendidikan adalah alat untuk mencapai kemajuan ekonomi dan sosial, banyak mempengaruhi mereka (ibid.: 8).

Oleh karena itu, kurikulum sekolah mengalami perubahan radikal dengan masuknya ide-ide liberal tersebut yang bertujuan mengembangkan kemampuan intelektual, nilai-nilai rasional dan sosial. Pada awalnya kurikulum ini hanya diterapkan untuk anak-anak Belanda selama setengah abad pada abad ke-19.

Setelah tahun1848 dikeluarkan peraturan pemerintah yang menunjukkan bahwa pemerintah lambat laun menerima tanggung jawab yang lebih besar atas pendidikan anak-anak Indonesia sebagai hasil perdebatan di parlemen Belanda dan mencerminkan sikap liberal yang lebih menguntungkan rakyat Indonesia (ibid.: 10-13).

Sejak dijalankannya Politik Etis tampak kemajuan yang lebih pesat dalam bidang pendidikan selama beberapa dekade. Pendidikan yang berorientasi Barat ini meskipun masih bersifat terbatas untuk beberapa golongan saja, antara lain anak-anak Indonesia yang orang tuanya adalah pegawai pemerintah Belanda, telah menimbulkan elit intelektual baru.Golongan baru inilah yang kemudian berjuang merintis kemerdekaan melalui pendidikan. Perjuangan yang masih bersifat kedaerahan berubah menjadi perjuangan bangsa sejak berdirinya Budi Utomo pada tahun 1908 dan semakin meningkat dengan lahirnya Sumpah Pemuda tahun 1928.

Setelah itu tokoh-tokoh pendidik lainnya adalah Mohammad Syafei dengan Indonesisch Nederlandse School-nya, Ki Hajar Dewantara dengan Taman Siswa-nya, dan Kyai Haji Ahmad Dahlan dengan Pendidikan Muhammadiyah-nya yang semuanya mendidik anak-anak agar bisa mandiri dengan jiwa merdeka (Pidarta, 2008: 125-33).

  1. 5.      Zaman Kolonial Jepang

Perjuangan bangsa Indonesia dalam masa penjajahan Jepang tetap berlanjut sampai cita-cita untuk merdeka tercapai. Walaupun bangsa Jepang menguras habis-habisan kekayaan alam Indonesia, bangsa Indonesia tidak pantang menyerah dan terus mengobarkan semangat 45 di hati mereka.

Meskipun demikian, ada beberapa segi positif dari penjajahan Jepang di Indonesia. Di bidang pendidikan, Jepang telah menghapus dualisme pendidikan dari penjajah Belanda dan menggantikannya dengan pendidikan yang sama bagi semua orang. Selain itu, pemakaian bahasa Indonesia secara luas diinstruksikan oleh Jepang untuk di pakai di lembaga-lembaga pendidikan, di kantor-kantor, dan dalam pergaulan sehari-hari. Hal ini mempermudah bangsa Indonesia untuk merealisasi Indonesia merdeka. Pada tanggal 17 Agustus 1945 cita-cita bangsa Indonesia menjadi kenyataan ketika kemerdekaan Indonesia diproklamasikan kepada dunia.

  1. 6.      Zaman Kemerdekaan (Awal)

Setelah Indonesia merdeka, perjuangan bangsa Indonesia tidak berhenti sampai di sini karena gangguan-gangguan dari para penjajah yang ingin kembali menguasai Indonesia datang silih berganti sehingga bidang pendidikan pada saai itu bukanlah prioritas utama karena konsentrasi bangsa Indonesia adalah bagaimana mempertahankan kemerdekaan yang sudah diraih dengan perjuangan yang amat berat.

Tujuan pendidikan belum dirumuskan dalam suatu undang-undang yang mengatur pendidikan. Sistem persekolahan di Indonesia yang telah dipersatukan oleh penjajah Jepang terus disempurnakan. Namun dalam pelaksanaannya belum tercapai sesuai dengan yang diharapka bahkan banyak pendidikan di daerah-daerah tidak dapat dilaksanakan karena faktor keamanan para pelajarnya. Di samping itu, banyak pelajar yang ikut serta berjuang mempertahankan kemerdekaan sehingga tidak dapat bersekolah.

  1. 7.      Zaman Orde Lama

Setelah gangguan-gangguan itu mereda, pembangunan untuk mengisi kemerdekaan mulai digerakkan. Pembangunan dilaksanakan serentak di berbagai bidang, baik spiritual maupun material.

Setelah diadakan konsolidasi yang intensif, sistem pendidikan Indonesia terdiri atas: pendidikan rendah, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.Pendidikanharus membimbing para siswanya agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab. Sesuai dengan dasar keadilan sosial, sekolah harus terbuka untuk tiap-tiap penduduk negara.

Di samping itu, pendidikan nasional zaman orde lama adalah pendidikan yang dapat membangun bangsa agar mandiri sehingga dapat menyelesaikan revolusinya baik di dalam maupun di luar; pendidikan yang secara spiritual membina bangsa yang ber-Pancasila dan melaksanakan UUD 1945, sosialisme Indonesia, demokrasi terpimpin, kepribadian Indonesia, dan merealisasikan ketiga kerangka tujuan revolusi Indonesia sesuai dengan Manipol yaitu membentuk negara kesatuan Republik Indonesia berwilayah dari Sabang sampai Merauke, menyelenggarakan masyarakat sosialis Indonesia yang adil dan makmur, lahir-batin, melenyapkan kolonialisme, mengusahakan dunia baru, tanpa penjajahan, penindasan dan penghisapan, ke arah perdamaian, persahabatan nasional yang sejati dan abadi (Mudyahardjo, 2008: 403).

  1. 8.      Zaman Orde Baru

Orde baru dimulai setelah penumpasan G-30-S/PKI pada tahun 1965 dan ditandai oleh upaya melaksanakan UUD 1945 secara murni dan konsekuen. Haluan penyelenggaraan pendidikan dikoreksi dari penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh orde lama yaitu dengan menetapkan pendidikan agama menjadi mata pelajaran dari sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi.

Menurut orde baru, pendidikan adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam sekolah dan di luar sekolah dan berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan di dalam lingkungan rumahtangga, sekolah, dan masyarakat. Pendidikan pada masa itu memungkinkan adanya penghayatan dan pengamalam Pancasila secara meluas di masyarakat, tidak hanya di dalam sekolah sebagai mata pelajaran di setiap jenjang pendidikan (Pidarta, 2009: 422, 433).

Di samping itu, dikembangkan kebijakan link and match di bidang pendidikan. Konsep keterkaitan dan kepadanan ini dijadikan strategi operasional dalam meningkatkan relevansi pendidikan dengan kebutuhan pasar (Pidarta, 2008: 137-38). Inovasi-inovasi pendidikan juga dilakukan untuk mencapai sasaran pendidikan yang diinginkan. Sistem pendidikannya adalah sentralisasi dengan berpusat pada pemerintah pusat.

Namun demikian, dalam dunia pendidikan pada masa ini masih memiliki beberapa kesenjangan. Buchori dalam Pidarta (2008: 138-39) mengemukakan beberapa kesenjangan, yaitu (1) kesenjangan okupasional (antara pendidikan dan dunia kerja), (2) kesenjangan akademik (pengetahuan yang diperoleh di sekolah kurang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari), (3) kesenjangan kultural (pendidikan masih banyak menekankan pada pengetahuan klasik dan humaniora yang tidak bersumber dari kemajuan ilmu dan teknologi), dan (4) kesenjangan temporal (kesenjangan antara wawasan yang dimiliki dengan wawasan dunia terkini).

Namun demikian keberhasilan pembangunan yang menonjol pada zaman ini adalah (1) kesadaran beragama meningkat dengan pesat, (2) persatuan dan kesatuan bangsa tetap terkendali, dan (3) pertumbuhan ekonomi Indonesia juga meningkat (Pidarta, 2008: 141).

  1. 9.      Zaman Reformasi

Selama orde baru berlangsung, rezim yang berkuasa sangat leluasa melakukan hal-hal yang mereka inginkan tanpa ada yang berani melakukan pertentangan dan perlawanan, rezim ini juga memiliki motor politik yang sangat kuat yaitu partai Golkar yang merupakan partai terbesar saat itu. Hampir tidak ada kebebasan bagi masyarakat untuk melakukan sesuatu, termasuk kebebasan untuk berbicara dan menyampaikan pendapatnya.

Begitu orde baru jatuh pada tahun 1998 masyarakat merasa bebas bagaikan burung yang baru lepas dari sangkarnya yang telah membelenggunya selama bertahun-tahun. Masa setelah jatuhnya orde baru dinamankan masa reformasi.

Masa reformasi ini pada awalnya lebih banyak bersifat mengejar kebebasan tanpa program yang jelas.Sementara itu, ekonomi Indonesia semakin terpuruk, pengangguran bertambah banyak, demikian juga halnya dengan penduduk miskin. Korupsi semakin hebat dan semakin sulit diberantas. Namun demikian, dalam bidang pendidikan ada perubahan-perubahan dengan munculnya undang-undang pendidikan yang baru dan mengubah sistem pendidikan sentralisasi menjadi desentralisasi, di samping itu kesejahteraan tenaga kependidikan perlahan-lahan meningkat. Hal ini memicu peningkatan kualitas profesional mereka. Instrumen-instrumen untuk mewujudkan desentralisasi pendidikan juga diupayakan, misalnya MBS (Manajemen Berbasis Sekolah), Life Skills (Lima Ketrampilan Hidup), dan TQM (Total Quality Management).

Kelemahan-kelemahan masa reformasi sampai waktu ini adalah sebagai berikut: (a) ekonomi bertambah terpuruk, meskipun pemerintah tetap memprioritaskan pembangunan; (b) korupsi masih banyak terjadi meskipun pemerintah telah berusaha keras memeranginya; (c) hukum belum benar-benar ditegakkan; (d) kekacauan tampak meluas, terutama di kota-kota besar; (e) terorisme dan peredaran narkoba sulit dikendalikan.

Meskipun demikian masih ada hal positif di masa reformasi ini, yaitu: (a) sistem desentralisasi pemerintahan dan pendidikan mulai dibangu; (b) nilai-nilai keagaam masih dijunjung tinggi; (c) demokrasi pada beberapa sektor mulai menampakkan diri; (d) pemilihan langsung oleh rakyat mulai dapat terlaksana (Pidarta, 2009:147).

  1. C.    Implikasi Sejarah Terhadap Konsep Pendidikan Nasional Indonesia

Masa lampau memperjelas pemahaman kita tentang masa kini. Sistem pendidikan yang kita miliki sekarang adalah hasil perkembangan pendidikan yang tumbuh dalam sejarah pengalaman bangsa kita pada masa yang telah lalu (Nasution, 2008: v).Pembahasan tentang landasan sejarah di atas memberi implikasi konsep-konsep pendidikan sebagai berikut.

  1. 1.      Tujuan Pendidikan

Pendidikan diharapkan bertujuan dan mampu mengembangkan berbagai macam potensi peserta didik serta mengembangkan kepribadian mereka secara lebih harmonis. Tujuan pendidikan juga diarahkan untuk mengembangkan aspek keagamaan, kemanusiaan, kemanusiaan, serta kemandirian peserta didik. Di samping itu, tujuan pendidikan harus diarahkan kepada hal-hal yang praktis dan memiliki nilai guna yang tinggi yang dapat diaplikasikan dalam dunia kerja nyata.

  1. 2.      Proses Pendidikan

Proses pendidikan terutama proses belajar-mengajar dan materi pelajaran harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik, melaksanakan metode global untuk pelajaran bahasa, mengembangkan kemandirian dan kerjasama siswa dalam pembelajaran, mengembangkan pembelajaran lintas disiplin ilmu, demokratisasi dalam pendidikan, serta mengembangkan ilmu dan teknologi.

  1. 3.      Kebudayaan Nasional

Pendidikan harus juga memajukan kebudayaan nasional. Emil Salim dalam Pidarta (2008: 149) mengatakan bahwa kebudayaan nasional merupakan puncak-puncak budaya daerah dan menjadi identitas bangsa Indonesia agar tidak ditelan oleh budaya global.

  1. 4.      Inovasi-Inovasi Pendidikan

Inovasi-inovasi harus bersumber dari hasil-hasil penelitian pendidikan di Indonesia, bukan sekedar konsep-konsep dari dunia barat sehingga diharapkan pada akhirnya membentuk konsep-konsep pendidikan yang bercirikan Indonesia.

 

Sumber Bacaan:

Pidarta, Made. 2009. Landasan Kependidikan, Stimulus ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

http://apadefinisinya.blogspot.com/2008/05/landasan-historis-pendidikan-indonesia.html

http://blog.unsri.ac.id/enika/landasan-pendidikan/landasan-historis-pendidikan/mrdetail/42133/ diunduh tgl 9 Oktober 2012

http://dyahrochmawati08.wordpress.com/2008/11/30/landasan-historis-pendidikan-di-indonesia/