Menganalisis Laporan

Laporan adalah dokumen yang berisikan paparan peristiwa atau kegiatan yang telah dilakukan oleh seseorang atas dasar tanggung jawab yang dibebankan kepadanya. Bila kegiatan itu berupa penelitian, laporannya disebut laporan penelitian. Bila berupa kunjungan atau perjalanan, laporannya disebut laporan perjalanan. Isi laporan adalah hal-hal yang berkaitan langsung dengan tanggung jawab yang dibebankan.

Ciri laporan yang baik adalah:

  1. Ditulis dalam bahasa yang baik dan jelas, serta tidak menimbulkan salah pengertian bagi pembacanya.
  2. Disertai fakta yang akurat dan meyakinkan.
  3. Informasi yang disajikan lengkap.
  4. Menarik dan enak dibaca.

Menurut sifatnya, laporan terdiri atas beberapa jenis :

  1. Laporan Formal

Syarat Laporan Formal :

  1. Harus ada judul
  2. Biasanya ada surat pernyataan
  3. Memiliki daftar isi
  4. Terdapat intisari yang mengawali laporan
  5. Terdapat bagian pendahuluan
  6. Terdapat simpulan dan saran
  7. Isi laporan terdiri atas judul-judul dengan tingkat yang berbeda-beda
  8. Bahasa yang digunakan adalah ragam resmi
  9. Jika perlu laporan disertai dengan tabel, angka, dan grafik
  1. Laporan Semiformal

Laporan semiformal dapat berupa laporan karangan, laporan penelitian, laporan kegiatan, atau laporan percobaan. Laporan semiformal dapat disusun dengan sistematika: judul, kata pengantar, daftar isi, isi laporan, simpulan, dan saran.

  1. Laporan Nonformal

Pada umumnya bentuk laporan ini terdiri atas tiga bagian :

  1. Pendahuluan
  2. Batang tubuh
  3. Simpulan dan saran

Dalam sebuah laporan perjalanan hal-hal penting yang harus ada yaitu :

  1. Judul laporan
  2. Waktu pelaksanaan kegiatan
  3. Peserta
  4. Tujuan mengadakan kegiatan perjalanan
  5. Tempat dan lokasi yang dituju
  6. Hasil kegiatan / perjalanan

(Siswa mendengarkan dengan seksama contoh laporan perjalanan yang dibacakan oleh guru)

Hari Kedua di Pesta Danau Toba 2009

Masih dalam rangkaian Pesta Danau Toba 2009, anak mudanya kembali datang ke Parapat untuk mengikuti acara di hari kedua. Maksudnya “kembali ke Parapat” adalah karena kami tidak stay di Parapat selama rangkaian road trip ini. Perjalanan kali ini, kami mendapat tambahan partisipan biker nekad yaitu si Oppung Lubis dengan Scorpio Z-nya. Jadi total partisipan kami di hari kedua ada 5 orang (Mamat, Nich, Ndro, Pieps, RML).

Setelah santap siang di warung nasi Batak yang tidak terletak jauh dari Kampus PI-Del, kami meluncur ke Parapat dengan kecepatan tinggi (soalnya cuaca cerah, jalanan kering.. kombinasi optimal buat motor pawang hujanku). Berbeda dengan perjalanan di hari pertama, yang kami tempuh dengan sangat lamban karena gelapnya malam dan rintik hujan yang membasahi bumi.

Setiba di Parapat, tempat tujuan pertama adalah Pagoda (Panggung Utama Parapat) karena menurut jadwal ada banyak acara yang berlangsung di sana. Tetapi sewaktu kami tiba, tidak ada kegiatan yang sedang terjadi di sana, yang ada hanya pedagang dan pengunjung meramaikan areal tersebut. Jadi kami memilih untuk merapat ke Convention Hall yang terletak di daerah atas Pagoda. Kegiatan kami ya melihat-lihat pameran UKM yang mempromosikan potensi Sumatera Utara.

Kesemuanya membawa corak daerah masing-masing. Cukup menarik menurutku, karena hari-hari aku kan mainannya gadget, jadi produk tradisional memang bisa memberi selingan baru. Tapi ada satu hal yang membuatku berpikir; apa produk dan potensi yang dimiliki Sumatera Utara memang sudah mentok media promosinya dengan mengandalkan acara seperti Pesta Danau Toba ini? Kenapa tidak memanfaatkan media internet yah? Toh review yang banyak aku kerjakan, semua adalah usaha untuk mempromosikan sebuah produk milik orang dari negara lain, kenapa mereka sampai berpikir ke situ yah sementara orang kita tidak? Tapi ya itulah tentang UKM kita. Secara pribadi aku tetap berharap eksistensi usaha rakyat seperti yang aku lihat di PDT, bisa bertahan lama dan memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kita semua.

Selain mengunjungi stand UKM, kami pun berkesempatan untuk melihat acara Pentas Seni dan Budaya yang dibawakan oleh beberapa peserta, bertempat di Panggung Utama Parapat;Setelah tanya-tanya sedikit dengan Panitia yang bisa kami temui di area Convention Hall, ternyata Festival Perahu Hias yang hari itu jadi target utama kami, memang belum ada aksi nyata. Kurang jelas juga alasannya, tapi disarankan untuk melihat acara tersebut di hari Sabtu saja. Tapi setelah aku jalankan niat buat ngebongkar area belakang Pagoda, kelihatan juga memang ada banyak kapal yang sepertinya sedang dipersiapkan untuk tampil maksimal di hari Sabtu. Semoga nanti aku bisa berkesempatan untuk melihat Festival ini, soalnya udah beradu jadwal dengan rencana kami menyeberangi Danau Toba untuk wisata di Pulau Samosir.

Kesulitan terbesar kami adalah untuk stay di Parapat, karena untuk memantau secara konstan kegiatan di area PDT memang harus tinggal di daerah situ. Dah kubilang kan tadi, kalau jalan malam merupakan kegiatan yang sangat menantang berhubung kondisi motor ku yang kurang mumpuni (namanya juga biker nekad).

(http://nichpakaich.net/berita/hari-kedua-di-pesta-danau-toba-2009)

EVALUASI

Setelah mendengarkan pembacaan laporan perjalanan di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini !

  1. Apa judul laporan perjalanan yang baru saja kamu dengarkan?

…………………………………………………………………………………………………………………………………………..

  1. Siapa yang melakukan perjalanan tersebut?

…………………………………………………………………………………………………………………………………………..

  1. Kapan perjalanan itu dimulai dan berakhir?

…………………………………………………………………………………………………………………………………………..

  1. Kemana tujuan perjalanan tersebut?

…………………………………………………………………………………………………………………………………………..

  1. Dalam rangka apa mereka melakukan perjalanan ?

…………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………..

  1. Apa suka dan duka dari perjalanan tersebut?

………………………………………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

  1. Ceritakan secara singkat perjalanan Hari Kedua di Pesta danau Toba 2009 sesuai dengan urutan waktu dan ruang.

…………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Iklan